Memancing Ikan Pari (whiptail stingray)

Kita kembali ke pantai Bopong wilayah Puring, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Pada awalnya kita dikhabari bahwa beberapa hari lalu banyak ikan pari ukuran 5kg keatas berhasil didaratkan oleh para pemancing pasiran disana. Kemudian kita penasaran dan pergi ke pantai itu.
Target awal kita memang ikan pari yang berukuran besar, dengan umpan undur-undur pasir (sandscrab). Setelah sampai di lokasi kita bertemu dengan sahabat mincing kita disana, yang akrab disapa pak Kunthing, pemancing sekaligus pemilik warung tempat para pemancing ngopi bareng.

Kita mulai memancing pagi itu, sekitar jam 05.00 WIB. Kita terus coba mengail di pantai Bopong ini, tapi belum juga dapat sambaran yang bikin jantung bergetar. Disini kita memakai rangkaian engkel atau dengan pemberat/timbel di atas kail.
Sekitar jam 07.00WIB saya mendapatkan sambaran, cukup bergetar jantung saya waktu itu. Saya coba untuk menghajar sambaran tersebut dengan joran dan reel saya. Dengan rasa percaya diri karena senar/line saya baru dan panjang sekitar 450 meter, jadi saya agak santai.
Setelah 10 menit berlalu, ternyata ikan lepas alias moncel. Duh kecewa berat rasanya, kemudian saya kembali ke warung pak kunting dan memesan segelas kopi untuk mendinginkan rasa kekecewaan tersebut, haha!

Sambil ngopi saya melihat-lihat temen-temen dan juga Pak Kunthing ditepi pantai serius dengan kailnya. Beberapa saat kemudian semua mata terbelalak ke arah Pak kunthing, ternyata dia mendapat sambaran alias strike!
Saya pun berlari menghampiri dengan rasa penasaran ikan apakah yang menyambar kail Pak Kunthing.
Dengan sedikit tegang Pak Kunthing menarik/menggulung senarnya sedikit demi sedikit berharap ikannya bisa mendarat dengan sempurna. Eh, ternyata line-break! Putus! Senar pancing Pak Kunthing putus pada sambungan penuntun/leader dengan sinker/pemberat. Hehe ada yang hopeless juga :D

Kemudian kita mulai lagi, termasuk juga pak Kunthing. Kita mancing pasiran. Berharap dapat sambaran lebih bagus lagi.

Sekitar setengah jam menunggu, dari kejauhan saya lihat joran Pak Kunthing kembali melengkung. Tanpa pikir panjang saya gulung senar dan menghampiri dia. Benar, ternyata umpannya disambar, dengan wajah sumringah, Pak Kunthing menggulung senarnya dan benar ikan mendarat sekitar setelah sekitar 10 menit. Cukup besar ikannya sekitar 6 kg ikan pari.

Tapi perlu kita ingatkan ketika memancing ikan pari ini, hati-hati dengan ekornya yang berduri serupa jarum seukuran lidi untuk ikan sebesar 6kg keatas. Karena duri tersebut cukup beracun. Masih ingat dengan seorang ahli satwa dan reptile Steve Irwin? Dia tewas setelah tersengat duri ikan pari kala itu. Perlu sangat berhati-hati ketika memegang ikan pari.

Kembali ke cerita memancing, hari sudah mulai siang dan kita pulang tanpa ikan target, tapi tak apa lah, yang penting sahabat kita mampu mendaratkan 3 ekor ikan pari dengan berat 6 sampai 8 kg. semoga lain waktu giliran kita yang mebawa pulang ikan ikan tersebut hahaha(ngarep), terima kasih.